05 Januari 2009

Tips Blogging Untuk Pemula

Untuk menerapkan bisnis internet dari blogging, Anda harus bisa mengerti cara membuat blog yang baik. Saya akan berbagi tips untuk membuat blog menjadi situs anda yang baik, dari tahap awal seperti menentukan tema, ide, dan bahan untuk blog.

1. Mencari ide bisnis

Terkadang anda akan mengalami kesulitan dalam penentuan tema dan isi yang akan dituangkan ke dalam blog. Memanfaatkan blog sebagai peluang bisnis di internet menuntut Anda memiliki konten yang baik. Anda bisa memanfaatkan banyak tema blog yang dapat digunakan agar bisa mengundang banyak pengunjung ke blog Anda diantaranya:

  • Situs yang menawarkan layanan secara gratis.
  • Situs yang menawarkan informasi secara berkala seperti koran elektronik dan majalah elektronik.
  • Situs yang menampilkan informasi yang ditulis oleh ahli atau pakar.
  • Situs yang menyediakan petunjuk dan tips dalam pemecahan masalah hal teknis rumah tangga.
  • Situs yang menjual produk atau jasa.

Setelah anda telah menentukan suatu tema yang akan dipakai pada blog, anda perlu mecari ide untuk mengisi kontent blog tersebut. Untuk itu anda bisa memanfaatkan artikel yang sudah dibuat sebelumnya dari penyedia blog yang mengelompokkan blog berdasarkan tag. Salah satunya adalah Wordpress.com. Misalkan Anda ingin mencari artikel dengan kategori politik, ketik http://wordpress.com/tag/politics/.

Anda juga bisa menggunakan free content yang sesuai dengan tema blog bisnis anda dari : GoArticles.com, Articledashboard.com. Articles-hub.com, articlebiz.com. Apabila artikel tersebut berbahasa inggris anda bisa memanfaatkan Google Translate dari Google.com untuk menerjemahkan ke bahasa indonesia.

2. Memilih blog engine

Untuk blog engine bisa dipilih dari beberapa yang cukup terkenal seperti:

  • Wordpress.com : Free dan opensource dengan didukung oleh banyak blog client. Merupakan blog yang memiliki jumlah pengguna yang lumayan banyak, akibatnya faktor keamanan tidak sebagus yang lain karena rentan dihack.
  • Blogspot:Milik Google yang tidak open source. Untuk membuatnya kita memerlukan akun Google dengan cara mendaftar email Google. Saya menyarankan anda memakainya karena kelebihannya yaitu bisa diintegrasikan dengan Google Adsense dan tidak seperti wordpress yang melarang anda untuk memasang iklan di blog anda.

2. Mendesain halaman blog bisnis anda

Tampilan pada blog anda disebut sebagai template. Pada waktu pembuatan blog Blogspot anda akan dilampirkan beberapa standar template dari Blogspot. Apabila template tersebut kurang berkesan dan tidak menarik, anda bisa mendapatkan template di http://www.eblogtemplates.com

3. Mengupdate konten secara reguler

Search engine merupakan salah satu cara mendatangkan pengunjung blog. Search engine menyukai blog yang yang isinya selalu diubah dan ditambah. Dengan konten yang lebih baru akan memperoleh kemungkinan lebih besar ditampilkan di halaman pertama hasil search engine. Para pencari informasi dan pembeli biasanya memilih lima besar dari halaman hasil pencarian di search engine.

4. Submit blog anda ke search engine

Agar blog anda bisa tampil pada halaman hasil pencarian search engine, anda perlu mendaftarkannya di setiap search engine. Untuk mendaftar di search engine yang utama:


Digg Technorati del.icio.us Stumbleupon Reddit Blinklist Furl Spurl Yahoo Simpy

1 komentar:

  1. WOW just what I was looking for. Came here by searching for action figures toys

    my site radio flyer inchworm
    My web site - here

    BalasHapus